Kerja Bakti Massal: DLH Pekalongan dan Tim Gabungan Bersihkan Enceng Gondok di Sungai Lodji

Haloooo Sobatt Lingkungan…,

Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan Giatkan Kerja Bakti, Tim Gabungan Bersihkan Enceng Gondok di Sungai Lodji Kota Pekalongan

Sungai Lodji Kota Pekalongan dipenuhi tanaman enceng gondok yang menjalar sepanjang sungai dari bawah jembatan Pati unus hingga jembatan Hayam wuruk. Meski setiap hari enceng gondok tersebut telah dibersihkan oleh Tim Jogo Kali Dinas Lingkungan Hidup (DLH) namun belum membuahkan hasil yang maksimal. Sehingga, Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan bersama jajaran TNI, Polri, PSDA, Satpol P3KP dan relawan peduli lingkungan menggiatkan kerja bakti pembersihan enceng gondok yang menyumbat aliran Sungai Lodji, Ada sekitar 150 orang personel yang dikerahkan dalam pembersihan enceng gondok tersebut.

"Kita membutuhkan tenaga yang banyak karena setelah ditanggulnya Sungai Lodji dari program sistem pengendalian banjir dan rob, sehingga ada parapet di kanan dan kiri membuat tim tidak bisa menggunakan alat ekskavator. Oleh karena itu, kami mengandalkan sistem manual menggunakan garpu, jangkar, atau menaiki perahu dengan basket yang dinaikan oleh personel yang ada.

"Untuk volume sampah di Sungai Lodji sebetulnya kami sudah lakukan pembersihan secara rutin, rata-rata tiap hari kami mengangkut 1 kontainer atau kurang lebih 1,5-2 ton. Namun, dengan adanya enceng gondok yang memenuhi sungai ini tentu hal ini tidak luput menjadi perhatian kami juga untuk dilakukan pembersihan,"