IPAL Kauman: Pengolahan Limbah Berbasis Proses Aerobik dan Lumpur Aktif

IPAL Kauman di Kelurahan Kauman, Kota Pekalongan, menggunakan teknologi pengolahan limbah modern berbasis proses aerobik. Dalam sistem ini, bakteri aerob digunakan untuk memecah polutan dalam air limbah, sehingga proses pengolahan menjadi lebih cepat dan efisien. Setelah proses ini, air limbah disempurnakan melalui pengendapan dan penggunaan lumpur aktif yang kemudian di-recycling untuk memaksimalkan efisiensi pengolahan.

IPAL Kauman memiliki kapasitas pengolahan sebesar 200 m³ limbah per hari, yang bersumber dari berbagai kegiatan UMKM di Kelurahan Kauman. Pengelolaan IPAL ini dilakukan oleh dua orang pengelola yang memastikan operasional berjalan dengan baik setiap harinya.

Dengan pendekatan teknologi berbasis bakteri aerob dan pengolahan lumpur aktif, IPAL Kauman membantu menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Langkah ini juga mendukung keberlanjutan usaha para pelaku UMKM dengan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tempat usaha mereka. Pemerintah Kota Pekalongan terus mendorong pengelolaan limbah yang lebih ramah lingkungan demi kualitas hidup yang lebih baik bagi warganya.